Apakah Android Anda Cepat Panas? Inilah Penyebabnya

Mungkin sering sekali sobat bingung ataupun bertanya-tanya mengapa android sobat cepat panas.

Tentunya ketika android sobat panas, sobat khawatir atau sobat bingung karena sobat tidak mengetahui penyebabnya. Pada artikel ini akan saya jelaskan penyebab android sobat cepat panas.

Simak penjelasannya berikut ini.

Adanya Kerusakan Pada Baterai

Inilah penyebab yang sering terjadi pada setiap pengguna android.

Mungkin banyak sekali pengguna android tidak menyadari bahwa baterai sangat berpengaruh terhadap kinerja android itu sendiri.

Baterai yang rusak ataupun sudah waktunya diganti akan mempengaruhi hardware yang ada pada android sobat sehingga sering terjadi ketidaksinkronan antara hardware dengan baterai sobat yang akhirnya membuat android sobat panas. Baca juga Cara Ampuh Menghemat Baterai Android.

Cara mengatasinya adalah dengan sobat menggunakan baterai yang bagus atau original jangan menggunakan baterai yang abal-abal.

Jika dirasa baterai sudah menurun kapasitas dayanya / membuat android sobat panas, segera lakukan pergantian baterai.

Adanya Debu Yang Berlebihan Pada Android

Debu yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab android sobat cepat panas.

Ketika debu yang ada pada android sobat berlebihan tentunya debu tersebut akan menutup lubang-lubang kecil sirkulasi udara pada android sobat, sehingga ketika sirkulasi udara android sobat berdebu menmbulkan panas yang berlebih akibat suhu panas yang tidak terkeluarkan.

Jadi sering-seringlah membersihkan android sobat, setidaknya mengecek untuk memastikan tidak ada debu berlebih diandroid sobat.

Kinerja Yang Banyak

Kinerja yang banyak atau proses yang dilakukan android sobat berlebih dapat juga membuat android sobat panas.

Ketika kinerja yang dilakukan oleh android sobat terlalu banyak maka akan mempengaruhi RAM yang bekerja pada android sobat.

Ketika RAM overheat maka android akan panas dan tentunya mempengaruhi hardware android sobat.

Jadi gunakan kinerja android yang hanya sobat perlukan seperti aplikasi yang tidak digunakan segera dibersihkan, dll. Baca juga 5 Hal Yang Tidak Disadari Pengguna Smartphone Android

Masalah Pada Sinyal

Masalah pada sinyal juga mempengaruhi panasnya android sobat.

Ketika sinyal bermasalah maka android sobat otomatis akan mencari sinya terus menerus sehingga menggunakan daya yang berlebih yang membuat android sobat cepat panas.

Saran saya ketika ada masalah pada sinyal android sobat dan android sobat tiba-tiba panas, segeralah matikan android sobat dan lepaskan baterai dari android sobat.

Tunggu hingga kondisi baterai dan android sobat normal.

Menggunakan Android Saat Terik Matahari

Penggunaan android pada saat terik matahari sangatlah tidak dianjurkan, karena suhu panas yang tinggi dari matahari ke android sobat membuat android sobat panas yang berlebih ditambah aplikasi aplikasi yang berjalan dan sinyal.

Jadi jangan gunakan android sobat pada saat terik matahari , jika memang sangatlah darurat carilah tempat yang agak teduh sehingga suhu panas yang diterima android sobat tidak terlalu panas.

Diatas merupakan penyebab dan cara mengatasi android yang cepat panas.

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi sobat yang membacanya.

Silahkan bookmark blog ini agar sobat terus mendapatkan tips dan trik android dari blog ini.

Bila ada saran atau kritik dan tanggapan silahkan berkomentar.

Baca juga Hal yang harus diperhatikan pada saat membeli smartphone

6 komentar

Tambahan gan :
1. Ketika smartphone dalam keadaan charge, lalu kita pake buat game *misalnya
2. Adanya app yang berjalan di background menyebabkan smartphone cepet panas (Ketika menggunakan data, dan itu menyebabkan kuota abis dengan sendirinya :v), solusi gunakan Greenfy

Bener juga min apalgi kalo ngecas sambil main game yang online panasnya dobel panas hpnya sama panas hati karena kuotanya habis (pengalaman)

wah terimakasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat ya :)

kalo ane sih biasanya masalah pada sinyal gan, kalo sinyal lg buruk terus dipaksa internetan HH ane jadi panas tapi panas nya ga berlebihan juga sii ...

setujua sama komennya kang giwangkara

Bagus artikelnya. penyebab2nya belum pernah saya dengar. Ilmu baru tentang android

Berkomentarlah dengan baik , bijak, sopan dan relevan