Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Android

Baterai Smartphone sangatlah penting bagi penggunanya. Karena Baterai merupakan nyawa bagi Smartphone anda. Lalu? Bagaimana jika Baterai Smarphone anda cepat sekali habis. Untuk postingan ini saya akan membagikan beberapa ilmu yang saya punya karena pengalaman saya sendiri. Berikut penjelasannya cara menghemat baterai smartphone.


Menginstal Aplikasi Penghemat Baterai

Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh dalam menghemat baterai smartphone kita. Juga aplikasi penghemat baterai, saat ini sudah lumayan banyak di PlayStore. Salah satunya adalah DU Battery, dan lain-lain.

Matikan Bluetooth, WiFi, GPS, Data Seluler Jika Tidak Digunakan

Jika kita pengguna smartphone menyalakan Bluetooth, GPS dan sebagainya, baterai kita akan cepat habis. Karena fitur-fitur WiFi, GPS, Data Seluler, Bluetooth sangat memboroskan baterai. Fitur-fitur yang dipakai mudah sekali membuat baterai smartphone kita cepat habis. Jadi, gunakanlah sebaik-baiknya. Matikan jika memang tidak digunakan untuk menghemat daya baterai.

Menurunkan Kecerahan Layar

Ketika pengguna smartphone menggunakan smartphone dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi, maka daya yang digunakan smartphone tinggi pula sehingga mudah sekali membuat baterai smartphone kita cepat habis. Gunakanlah smartphone dengan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan kita, yaitu sedang sedang saja. Lagipula dengan tingginya tingkat kecerahan layar akan berefek negatif bagi mata pengguna smartphone itu sendiri. Baca juga 5 Cara Praktis Meningkatkan Kinerja Android Dalam 30 Menit

Tutuplah Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone yang lupa akan menutup aplikasi ketika selesai digunakan. Dengan banyaknya kita menggunakan aplikasi dan kita tidak menutup aplikasi tersebut dengan benar maka aplikasi-aplikasi yang tadi tidak ditutup akan tetap berjalan dilatar belakang, sehingga banyak aplikasi yang digunakan dan membuat daya baterai yang digunakan semakin besar dan membuat baterai cepat habis. Cara menutup aplikasi dengan benar bisa dengan cara mendownload aplikasi penutup program aplikasi di Play Store, juga bisa dengan cara manual. Dengan car amanual yaitu masuk ke Pengaturan >> Klik Aplikasi >> Lalu carilah aplikasi yang berjalan >> Force Close / Tutup Paksa >> Lalu OK.

Gunakanlah Charger Yang Original

Mengapa menggunakan charger yang original sangat berpengaruh dalam penghematan baterai? Karena ketika kita menggunakan charger yang abal - abal, membuat baterai kita akan cepat rusak sehingga kapasitas baterai semakin berkurang. Dan jika kita menggunakan charger yang original maka baterai smartphone kitapun akan tetap awet, atau bertahan lama.

Menggunakan Baterai Yang Memiliki Kapasitas Yang Besar

Dengan menggunakan baterai yang memiliki kapasitas yang besar, tentunya baterai akan lebih lama digunakan dan juga membuat kita tidak terlalu khawatir baterai cepat habis. Banyak sekarang yang menjual baterai smartphone yang kapasitasnya lebih dari biasanya namun jangan terlalu tergiur dengan baterai yang bacaannya kapasitasnya besar namun harganya murah, anda dibohongi. Belilah baterai yang original agar kita puas dan tidak kecewa dengan baterai yang sudah kita beli.

Itulah sedikit ulasan cara menghemat baterai smartphone. Semoga dengan ulasan diatas para pengguna smartphone dapat menghemat baterai smartphonenya walaupun hanya sedikit. Semoga artikel ini bermanfaaat. Dan jangan lupa untuk tetap terus update di sini, jangan lupa untuk bookmar agar tetap terus mendapat info mengenai topik ini. 

6 komentar

mantep nih, andro ane cepet bgt abis batre

yang pasti meminimalisir penggunaan aplikasi yang gak terlalu penting .. nice

Bener gan, sudah saya terapkan thanks

pantesan tiap hari baterainya boros krena wifi dan data GPS on trus,,,
thanks infonya

nice gan, kebetulan batre hp ku cpt bgt drop

yang paling penting biar baterainya awet, hape jangan sering dibuka :v

Berkomentarlah dengan baik , bijak, sopan dan relevan