7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Zaman sekarang memang eranya kemajuan teknologi. Seperti smartphone pada saat ini yang terus menerus berkembang, dan tetntunya banyak sekali orang yang ingin menggunakannya. Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan pada saat membeli smartphone? Untuk itu saya akan ulas mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya :


1. Resolusi Layar

Resolusi layar menentukan kepadatan layar yang biasanya sering disebut sebagai Pixel Per Inch. Semakin tinggi PPI yang dimiliki, semakin jernih dan bagus pula kualitas gambar pada layar tersebut. Sehingga resolusi layar merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Terlebih lagi jika pengguna membeli smartphone untuk bermain game , menonton video, dll.

2. Sensitivitas TouchScreen 

Sensitivitas touchscreen sangat penting untuk diperhatikan. Touchscreen merupakan pengganti keypad pada smartphone sehingga jika touchscreen tidak sensitif maka pengguna pun akan kecewa dan kesulitan pada saat mengoperasika smartphone yang dimiliki. Pilihlah smartphone yang memiliki sensitivitas yang tinggi dan memiliki fitur multitouch.

3. Jenis Processor

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jenis processor. Banyak sekali model processor saat ini. Berikut contohnya :

  • Processor MediaTek , processor ini biasa digunakan pada smartphone android low.
  • Processor Qualcomm, Processor ini memiliki kelebihan pada grafik dan performa.
  • Processor Nvidia Tegra dan Exynos, memiliki kelebihan irit dalam mengonsumsi daya.

4. RAM

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah RAM. RAM merupakan kerja jantung dari smartphone. Dimana semua kegiatan berjalan tergantung pada RAM. RAM merupakan hal yang sangat vital untuk dipertimbangkan pada saat ingin membeli smartphone. Pilihlah smartphone yang memiliki RAM yang besar, minimal 1GB.
Baca juga 5 Cara Praktis Meningkatkan Kinerja Android Dalam 30 Menit

5. Memori Internal

Selanjutnya Memori Internal, kegunaan dari memori internal sebagai menyimpan data-data. Semakin besar Memori Internal yang dimiliki smartphone, semakin banyak pula data-data yang dapat disimpan di smartphone. Pengguna smartphone banyak yang tidak menyadari bahwa Memori Internal sangat berpengaruh dalam cepat / lambat kinerja smartphone. 

6. Konektivitas Jaringan

Konektivitas jaringan sangatlah penting untuk dipertimbangkan dalam membeli smartphone. Dimana fitur tersebut yang membuat smartphone mampu tersambung dengan internet. Dimana sekarang ini tiada hari tanpa menggunakan internet. Terlebih lagi jika smartphone digunakan sebagai perantara Bisnis Online. Pilihlah smartphone yang memiliki konektivitas minimal 3G/HSDPA.

7. Kamera

Jika sudah memperhatikan hal-hal diatas apakah sudah selesai? belum masih ada Kamera. Banyak pengguna smartphone saat ini menggunakan Kamera untuk ajang menyalurkan hobi dan diupload ke media sosial. Semakin tinggi resolusi kamera, semakin besar pula hasil gambar dari kamera smartphone. Pilihlah smartphone yang memiliki kamera minimal diatas 2MP.

Itulah 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Ikuti terus perkembangan selanjutnya mengenai topik smartphone di blog ini dengan membookmark blog ini. 
By Panji Kurnia
Baca juga 
Lihat Selengkapnya tentang smartphone disini.

16 komentar

Ini bermanfaat banget artikelnya buat saya yang awam

Iya,,, kalau ga, bisa nyesel besar.

siph gan, bermanfaat, bisa buat referensi pas mau beli hp hoho

Sip bisa jadi panduan untuk beli smartphone, soalnya nanti bisa dpat yang sesuai ekspektasi

mantap gan, artikelny bermanfaat, biar g salah beli hp

yang sudah pasti mah ane liat RAMnya, beda sama cwek. kalo cewek liat MPnya :v

Thanks tips nya..ada saran Handphone yang bagus saat ini,yg kameranya berkualitas

bermanfaat skali gan, biar ga salah beli smartphone ntar.

ini infomasi yang bermanfaat bagi newbie hp :V

Yang Penting menurut saya itu Prosessor dan Ram atau Kamera.

klo mnurut w sih smartphone yg dibeli sesuai ama kebutuhan n tujuan kita awalnya.. khususnya buat gaming pake spec tinggi ples ram mumpuni
*paling penting liat dulu isi kantong :)

pertama yang ane cek adalah kapasitas Ram,Memory Internal,Plus isi Batrai..

yg paling penting buat saya prosesor sama ram :D

kalo ane yg penting bisa ngegame wkkw

kalo ane lebih mentingin RAM gan :)

RAM yang lebih penting :D buat game :p

Berkomentarlah dengan baik , bijak, sopan dan relevan