5 Cara Praktis Meningkatkan Kinerja Android Dalam 30 Menit

Karena semakin pesatnya kemajuan teknologi terutama pada bidang smartphone sehingga banyak orang yang kini memiliki smartphone android.

Namun dalam penggunaan android itu sendiri banyak pengguna android yang menemukan masalah pada kinerja / performa dari smartphone androidnya.

Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang saya miliki yaitu 5 cara praktis meningkatkan kinerja android yang tentunya agar performa android lebih cepat dalam waktu kurang lebih 30 menit. Berikut penjelasannya.

Membebaskan Beberapa Ruang ( Memori )

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membebaskan beberapa memori.

Semua photo yang ada atau beberapa file dan juga beberapa aplikasi yang terinstal di android sobat juga mempengaruhi kinerja dan performa android sobat.

Karena aplikasi - aplikasi yang terinstal dan beberapa file, photo, dsb menggunakan ruang ( memori ) sehingga beberapa ruang ( memori ) pada android sobat akan terpakai sehingga membuat android sobat lebih lambat. Baca juga 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Sobat dapat memeriksa berapa banyak sisa ruang ( memori ) atau memeriksa berapa banyak ruang ( memori ) yang sudah digunakan, sobat dapat memeriksa di Pengaturan => Storage

Jika memang sisa penggunaan ruang ( memori ) sedikit, sobat dapat menghapus beberapa file seperti file cache ataupun aplikasi yang tidak terpakai yang menyebabkan ruang ( memori ) sedikit.

Jangan Menggunakan Widget

Pernahkah sobat menggunakan widget di halaman utama android sobat?

Apakah sobat pernah mengalami ketika sobat ingin menuju ke halaman utama android sobat namun android sobat menampilkan widget lambat sekali?

Karena dengan adanya widget di halaman utama android sobat, widget akan menggunakan memori android sobat dan tentunya akan mempengaruhi performa android sobat.

Jadi jika sobat ingin menggunakan widget pada android sobat, sebaiknya sobat pertimbangkan terlebih dahulu apakah widget yang sobat gunakan mempengaruhi android sobat secara signifikan atau tidak.

Launcher Yang Digunakan

Apakah benar launcher membuat android sobat lambat? Jawabannya adalah tergantung dari launcher yang sobat gunakan di android sobat.

Sobat mungkin menemukan beberapa animasi yang begitu WOW dan SUPER KEREN pada launcher yang sobat gunakan. Baca juga 3 Aplikasi Launcher Yang Membuat Android Terlihat Keren

Mungkin terlihat sangat keren dan mampu menarik perhatian sobat tetapi launcher yang sobat gunakan menyebabkan android sobat lambat.

Agar android sobat tidak telalu lambat ketika memakai launcher sebaiknya sobat menonaktifkan fitur animasi yang launcher sobat gunakan agar performa dan kinerja android sobat menjadi cepat.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Ketika sobat menggunakan aplikasi seperti aplikasi game, social media, dll maka RAM pada android sobat akan digunakan oleh aplikasi yang sedang sobat gunakan sehingga memori RAM pada android sobat hanya sedikit.

Jika memang ada aplikasi yang tidak sobat gunakan namun berjalan dilatar belakang atau yang menggunakan RAM android sobat, sebaiknya sobat tutup aplikasinya.

Masuk ke Pengaturan => Manajer Aplikasi => Lalu sobat pilih aplikasi yang menurut sobat tidak diperlukan => Force Close.

Dengan cara diatas setidaknya sobat sudah membuat ruang memori RAM sobat lebih baik dari sebelumnya. Juga mampu meningkatkan performa android sobat.

Hidupkan Ulang ( Restart ) Android Sobat

Cara praktis yang sering digunakan adalah dengan merestart atau menghidupkan ulang android sobat.

Dengan menghidupkan ulang android sobat , secara otomatis maka android sobat akan membersihkan cache , menghentikan aplikasi yang tidak digunakan, dan akan membuat kinerja android sobat lebih cepat dan ringan.

Sobat hanya perlu menekan tombol power pada android sobat , lalu sobat pilih " Hidupkan Ulang " atau " Restart " pada android sobat.

Seperti itulah cara praktis meningkatkan kinerja dan performa android sobat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang membacanya. Jangan lupa untuk terus stay diblog ini agar terus mendapatkan informasi , tips, trik di blog ini.

Berkomentarlah dengan baik , bijak, sopan dan relevan